Mengenal Asam Lambung dan Maag, Penyakit Mematikan yang Berbahaya

Penyakit asam lambung dan maag seringkali dianggap sepele, padahal kedua penyakit tersebut terbilang berbahaya dan mematikan. Lalu, apa sih perbedaan antara maag dan asam lambung? Apa penyebabnya? Bagaimana cara mengatasinya? Nah, bagi Anda ingin tahu lebih lanjut, mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

asam lambung dan maag

Apa Perbedaan Antara Maag dan Asam Lambung?


Walaupun gejalanya hampir sama, asam lambung dan maag merupakan kedua penyakit yang berbeda. Maag merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada lambung, sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri jika penyakit ini tengah  kambuh. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan, karena luka dan peradangan yang terjadi pada lambung.

Sedangkan asam lambung sendiri merupakan dorongan kuat isi lambung untuk mengalir melalui saluran kerongkonan. Hal ini membuat rasa panas seperti terbakar, dan membuat area tenggorokan iritasi. Jika tidak ditangani dengan segera, maka akan menyebabkan komplikasi berupa keluhan kesehatan yang lainnya.

Apa Saja Penyebab Kedua Penyakit Tersebut?


Penyakit maag bisa disebabkan oleh pola makan yang buruk, kebiasaan buruk menunda-nunda makan, dan terus saja menyantap makanan walaupun sudah kenyang. Selain itu, penyakit maag juga dapat disebabkan oleh konsumsi berlebihan terhadap makanan yang asam dan terlalu pedas, konsumsi obat tanpa makan dahulu, terlalu banyak merokok, dan kurang minum air putih. 

Sementara itu, penyakit asam lambung dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, kebiasaan langsung tidur setelah makan, minum minuman berkafein seperti kopi secara berlebihan, dan konsumsi makanan yang terlalu pedas dalam jangka panjang.

Merokok secara berlebihan dan kurang minum air putih juga dapat menyebabkan penyakit asam lambung. Selain itu, penyebab lainnya antara lain stres yang berlebihan, makan makanan yang berlemak dan mengandung gula dalam porsi yang berlebihan, serta konsumsi minuman berakohol dan bersoda secara berlebihan.

Bagaimana Cara Mengatasi Maag dan Asam Lambung?


Dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan kimiawi yang mengandung efek samping, Anda dapat mengatasi kedua penyakit ini secara alami. Untuk penyakit maag, Anda bisa mengonsumsi rebusan air daun jambu biji dua kali seminggu. Selain itu, Anda juga dapat meminum air perasan kunyit, dan minuman dari tumbukan biji buah papaya tua yang dikeringkan.

Sementara itu, untuk menangani keluhan asam lambung, Anda dapat mengonsumsi parutan jahe, lidah buaya dengan campuran madu, serta memakan kencur yang dikupas bersih menggunakan garam. Semua bahan alami tersebut terbukti dapat mengatasi kedua keluhan tersebut secara alami dan efektif. 

Nah, itu dia ulasan mengenai penyakit asam lambung dan maag yang perlu Anda ketahui. Agar terhindar dari kedua penyakit tersebut, ada baiknya Anda menerapkan pola hidup sehat dan makan teratur, serta kurangi stres dan berbagai pemicu lainnya. Hindari juga makanan yang dapat memperparah kedua penyakit tersebut.