Wajib Tahu! 4 Tantangan Membangun Perumahan di Indonesia

Tantangan membangun perumahan tentunya adalah hal yang mesti dihadapi oleh setiap pihak yang ingin memiliki tempat tinggal. Baik itu untuk perorangan ataupun kepentingan sebuah perusahaan. Terutama di Indonesia sendiri yang bisa dibilang berupa halangan yang mesti diselesaikan. Termasuk 4 tantangan berikut ini yang wajib untuk Anda ketahui.

 
tantangan membangun perumahan
propertyinside.id

1. Terbatasnya Lahan yang Murah


Tantangan pertama yang mesti dihadapi adalah terbatasnya lahan murah yang ada di Indonesia. Hal tersebut terbilang masuk akal apabila melihat tingginya pembangunan di Indonesia tidak sebanding dengan ketersediaan lahan. Kondisi tersebut membuat lahan yang tersisa apalagi yang berada di lokasi strategis memasang harga tinggi untuk bisa dimiliki. 

Biasanya untuk mengatasi hal ini maka diperlakukan sistem bank tanah untuk menjadi solusinya. Caranya adalah dengan menggunakan sekaligus memaksimalkan tanah yang selama ini tidak terurus hingga terbengkalai. Nantinya lahan tanah tersebut diubah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Sebut saja seperti tanah wakaf hingga tanah yang dimiliki pemerintah.

2. Terbatasnya Sumber Pendanaan


Nyatanya dana juga menjadi tantangan membangun perumahan yang berikutnya. Hal tersebut mengingat terbatasnya sumber pendanaan yang tersedia untuk sektor penyedia perumahan. Untuk masalah ini sendiri, akan diselesaikan dengan kerjasama antara pihak pemerintah dengan badan usaha. Caranya adalah dengan mengkaji KPBU agar menguntungkan semua pihak.

3. Mahalnya Material Bangunan


Material bangunan yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari pembangunan rumah menjadi salah satu faktor tantangan juga. Hal tersebut tidak lepas dari fakta bahwa harga material bangunan ternyata tidak merata untuk seluruh Indonesia. Asal tahu saja, harga material untuk bagian Indonesia Timur nyatanya lebih mahal daripada harga di Indonesia Barat.

Kondisi tersebutlah yang membuat pemerataan bangunan menjadi sesuatu yang sangat sulit untuk bisa diwujudkan. Selain itu, tantangan berikutnya adalah proses pengiriman bahan material tersebut yang seringkali terkendala banyak masalah. Terutama masalah transportasi yang sulit hingga pastinya akan berefek pada dana yang dikeluarkan akan lebih besar lagi. 

4. Tingginya Masalah Perkotaan dengan Kebutuhan Hunian


Tantangan terakhir adalah tingginya masalah perkotaan dengan kebutuhan hunian. Seperti yang diketahui bahwa kompleksitas yang dimiliki oleh perkotaan sangatlah tinggi. Kondisi yang nyatanya memberikan efek langsung terhadap pembangunan perumahan. Banyaknya faktor yang mesti diperhatikan membuat proses pembangunan perumahan menjadi sulit untuk diwujudkan. 

Untuk masalah ini sendiri, pemerintah sedang mengusahakan untuk menyiapkan beberapa rancangan kota baru. Lebih tepatnya rancangan ini sedang disiapkan oleh Kementerian PUPR dengan menghitung berbagai risiko yang bisa diatasi terlebih dulu. 

Dengan mengetahui tantangan membangun perumahan seperti yang sudah dijelaskan di atas maka akan membuat Anda lebih siap. Terutama lebih siap apabila memang ingin terjun dalam bidang ini maupun ingin memiliki rumah sendiri. Ada baiknya juga untuk melakukan riset terlebih dulu supaya perumahan yang Anda inginkan tidak melenceng dari ekspektasi.